Lazada Indonesia

Friday, April 22, 2011

Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Budidaya Lele

Anda bisa menemukan beberapa jawaban dan informasi yang selama ini Anda butuhkan seputar permasalahan yang sedang Anda hadapi dalam budidaya lele .

Di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan seputar cara budidaya lele .

1. Bagaimana cara mempercepat pertumbuhan bobot lele?
Salah satu caranya adalah dalam pengaturan pemberian pakan. Pemberian pakan biasanya pada siang hari dan pada malam hari dengan frekuensi 3 - 5 kali pemberian pakan. Jumlah pakan yang diberikan berpariasi antara para pembudidaya, begitupun menurut beberapa literatur, yaitu 3 - 5 % berat badan lele.

Ternyata satu hal yang perlu diperhatikan untuk mempercepat bobot lele adalah dengan cara memberi pakan pada malam hari.

Resep ini di peroleh dari lele2010.blogspot.com. Dikatakan bahwa lele adalah ikan yang mencari makan pada malam hari, oleh sebab itu maka pemberian makan pada malam hari akan lebih mempercepat pertumbuhan bobot ikan lele.

2. Bagaimana Gambaran Penambahan Berat Lele dari waktu Kewaktu
Sangat bermanfaat sekali bila kita mengetahui berat lele. Untuk memberi pakan sebanyak 3 -5 % dari berat badan (biomasa) lele, tentu pertama-tama kita harus mengetahui berapa berat lele dalam kolam Anda.

Cara paling praktis dan bisa Anda lakukan adalah dengan menimbangnya langsung dengan cara sampling.

Cara untuk mengetahui berapa berat lele dalam 1 kolam :
Hal ini berguna untuk mengukur berapa jumlah pakan yang harus diberikan perharinya dalam kolam tersebut.
Caranya :
Timbang 1 0ns atau 5 ons atau 1 kg lele pada kolam tersebut, lalu hitung jumlahnya. Anda tentu sudah tahu jumlah lele ketika pertama kali di tebar. Bila Anda tidak mengetahui estimasi jumlah lele dalam satu kolam maka ada kesalahan dalam cara pengelolaan budidaya Anda.

Misal, Pertama kali dalam satu kolam, Anda menebar bibit 7.000 ekor. Sekarang, setelah 1 bulan, Anda ingin mengetahui berat lele pada kolam tersebut. Maka Anda melakukan hal seperti diatas.

Setelah Anda menimbangnya sebanyak 1 kg dan menghitungnya, ternyata ada 200 ekor.
7.000 : 200 = 35. Maka berat lele pada kolam tersebut saat ini adalah 35 kg.

Setiap Anda ingin mengetahui berat lele maka Anda bisa melakukannya dengan cara di atas.

Cara lain adalah dengan melihat tabel penambahan berat badan.
Tabel ini bisa membantu Anda mengetahui penambahan bobot lele dari waktu ke waktu.


TABEL 1. PERHITUNGAN JUMLAH KEBUTUHAN PAKAN LELE DUMBO 1.000 EKOR DENGAN MASA PEMELIHARAAN SAMPAI DENGAN 3 BULAN
Hari ke -
Berat per ekor (g)
Kebutuhan pakan per ekor (g)
Kebutuhan per
10 hari untuk 1.000 ekor (Kg)
1 – 10
11 – 20
21 – 30
31 – 40
41 – 50
12
25
40
55
70
0,36
0,75
1,20
1,65
2,10
3,60
7,50
12,00
16,50
21,00
51 – 60
61 – 70
71 – 80
81 – 90
85
100
115
130
jumlah
2,55
3,00
3,45
3,90
189,60
25,50
30,00
34,50
39,00

(Sumber tabel : lele2010.blogspot.com)
Dari tabel tersebut dapat diketahui beberapa hal sebagai berikut.

  • Kebutuhan pakan lele setiap ekor per hari adalah seberat 3 % dari berat badannya
  • Berat badan lele pada usia 90 hari (3 bulan) adalah 130 g. Dengan demikian, dalam satu kilogram akan berisi 7 - 8 ekor lele.
  • Selama 3 bulan, kebutuhan pakan pelet untuk 1.000 ekor lele yaitu 189,6 kg.
Anda pun bisa melakukan riset sederhana untuk mengetahui berat lele dari waktu-kewaktu dengan cara menimbang lele secara periodik. Lalu catat dan dokumentasikan. Lakukan untuk tiap kali tebar.

Setiap Anda melakukan tebar benih maka pada periode-periode tertentu Anda melakukan riset sederhana ini. Kiranya, bila Anda sudah melakukan pencatatan setidaknya 5 kali, ini bisa di jadikan rujukan internal buat Anda sendiri.

3. Kapan penambahan Air pada kolam karpet harus dilakukan?
Bila air dalam kolam karpet berkurang karena proses penguapan maka tambahkan air hingga tinggi air kembali pada posisi normal. Penambahan air dilakukan hanya pada waktu-waktu tertentu, misalnya satu minggu sekali.

Panambahan air dilakukan dari tinggi awal 30 cm hingga menjadi 60 cm secara bertahap setiap bulan (dalam sebulan, air perlu ditambah setinggi 10 - 15 cm). Air kolam setinggi 30 cm merupakan kondisi ketinggian air saat benih dimasukkan ke dalam kolam, sedangkan tinggi air kolam 60 cm merupakan ketinggian air saat ikan memasuki usia 3 bulan. (Sumber :lele2010.blogspot.com)

4. Kapan penggantian air kolam harus dilakukan?
Penggantian air dilakukan saat air kolam mulai tampak kotor Saat membersihkan kotoran, pralon B dipasang untuk mengurangi air, tetapi air di dalam kolam jangan sampai habis. Dengan demikian, lele tetap terendam air di dalam kolam. Pada saat melakukan kegiatan ini, lele yang pertumbuhannya lambat (berukuran kecil) diambil untuk dikonsumsi.

Sebenarnya lele dumbo dapat hidup dan berkembang di dalam air kotor (misalnya air comberan). Namun, dagingnya akan berbau tidak sedap dan warna kulitnya pun kehitam-hitaman sehingga akan mengurangi minat konsumen.(Sumber :lele2010.blogspot.com)

5. Apa jenis tanaman yang bisa dijadikan pelindung kolam?
Tanaman pelindung di dalam kolam berfungsi untuk melindungi lele dari terik sinar matahari dan juga sebagai makanan tambahan bagi lele. Selain itu, tanaman juga dapat mengisap kotoran di dalam air.

Jenis tanaman pelindung yang biasa digunakan yaitu apu-apu dan enceng gondok. Dalam satu kolam cukup dipilih salah satu tanaman tersebut. Jumlah tanaman di dalam kolam dibatasi hingga sepertiga bagian dari luas permukaan air kolam.

Pertumbuhan akar eceng gondok pun harus dibatasi dan harus dikurangi secara berkala. Untuk membatasi pertumbuhannya yaitu dengan memberi pembatas berupa bambu yang diapungkan dan diberi tali serta bandul batu pada kedua ujungnya.

Cara ini dilakukan selain tanaman tampak rapi juga agar sinar matahari dapat masuk ke dalam kolam. Cahaya matahari dibutuhkan dalam proses pertumbuhan lele.(Sumber :lele2010.blogspot.com)

6. Bagaimana memberi pakan untuk lele yang masih kecil?
Bibit lele yang masih kecil ukuran lubang mulutnya pun kecil sehingga pakan pelet yang diberikan harus dihaluskan (digerus). Pemberian pelet halus dilakukan selama I minggu. Setelah itu, pakan tidak perlu dihaluskan. Pakan diberikan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari pada jam tertentu dan berkesinambungan.

Upaya untuk menekan pengeluaran biaya pembelian pakan lele dumbo terus dilakukan. Pakan lele berupa pelet buatan pabrik dianggap sangat mahal. Solusinya yaitu dengan memberikan keong mas (siput murbei) sebagai pakannya. Bagi petani padi, keong mas ini merupakan hama yang selalu muncul pada musim tanam padi.

Kelompok masyarakat uji-terap di Bekasi telah mampu melakukan penekanan biaya terhadap pembelian pakan lele (pelet) dengan memberikan pakan berupa keong mas yang diberikan saat lele berusia I bulan - 3 bulan. Pemanfaatan keong mas untuk pakan lele akan membantu mengurangi jumlah keong mas sebagai hama tanaman padi. (Sumber :lele2010.blogspot.com)

3 comments:

  1. Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo dan
    sekitarnya saya antar gratis. Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja. Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Hub 085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo

    ReplyDelete
  2. izin copy boz.. suwun

    ReplyDelete
  3. Maaf gan,saya mau tanya...
    Saya kan kalo krja brngkat jm 07:30 pagi sampai jam 08:30 mlm,,kalo sya krja mlm dri jm 08:00-08:30 pagi jadi saya hanya bisa memberi mkn 2x dlm sehari,,,,nah dlm 2x sehari idealnya jam brpa saya berikan makan lele saya....???tolong blz ya gan,,,ane bingung

    ReplyDelete